Selasa, 08 Maret 2016

Konsep Sehat dan Dimensinya



Konsep Sehat ialah suatu kedaan yang sempurna baik secara fisik,mental dan sosial. Sehat juga berarti tidak adanya gangguan dan keluhan yang serius didalam diri kita. Konsep Sehat dikembangkan berdasarkan:
1.      *Dimensi  Orientasi secara Intelektual
Dalam dimensi ini,kesehatan intelektual merupakan usaha untuk terus maju dan berkembangan serta beradaptasi dengan perubahan-perubahan baru yang terjadi. Unsur-unsur yang mesti berkembang adalah pemikiran,wawasan dan pemahamannya.  Seseorang dikatakan sehat secara intelektual apabila ia memiliki penalaran yang baik dalam memecahkan suatu masalah.
2.      *Dimensi  Emosional
Emosional yang sehat terlihat dari kemampuan seseorang dalam mengekspresikan emosinya  yaitu mengekspresikan rasa takut,senang,sedih,gelisah dan lain-lain.
3.      *Dimensi Sosial
Kesehatan Sosial terwujud apabila seseorang tersebut dapat berhubungan dengan orang lain tanpa memandang status,ras,suku,agama dan lain-lain. Orang tersebut juga dapat saling menghargai dan toleran antar sesama.
4.      *Dimensi Fisik
Kesehatan Fisik adalah sehat secara jasmaniah,tidak terlihat seperti orang sakit,tidak cacat dan organ-organ tubuhnya berfungsi secara optimal.
5.      *Dimensi Spiritual
Dimensi ini berhubungan dengan kerohanian. Orang yang sehat secara spiritual adalah orang-orang yang memiliki ketenangan jiwa,berpikiran jernih sehingga tidak melakukan hal-hal yang diluar batas kewajaran,dan dapat mengungkapkan atau mengekspresikan rasa syukurnya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Daftar Pustaka:
Sutardjo A. Wiraminardja.2010.Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung : Refika aditama
Semioun, yustinus.2006. Kesehatan Mental 1.Yogyakarta : Kanisius
Schultz, Duane.(2011).psikologi pertumbuhan:model-model kepribadian sehat.Yogyakarta:Kanisius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar