Selasa, 29 November 2016

Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional



A.    Kepemimpinan Transformasional

1.      Pengertian
Menurut Bass (1998) dalam Swandari (2003) mendefinisikan bahwa kepemimpinan transformasional sebagai pemimpin yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi bawahan dengan cara-cara tertentu. Dengan penerapan kepemimpinan transformasional bawahan akan merasa dipercaya, dihargai, loyal dan respek kepada pimpinannya. Pada akhirnya bawahan akan termotivasi untuk melakukan lebih dari yang diharapkan.
Menurut O’Leary (2001) kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang digunakan oleh seseorang manajer bila ia ingin suatu kelompok melebarkan batas dan memiliki kinerja melampaui status quo atau mencapai serangkaian sasaran organisasi yang sepenuhnya baru. Kepemimpinan transformasional pada prinsipnya memotivasi bawahan untuk berbuat lebih baik dari apa yang bisa dilakukan, dengan kata lain dapat meningkatkan kepercayaan atau keyakinan diri bawahan yang akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja.
Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional mencakup upaya perubahan terhadap bawahan untuk berbuat lebih positif atau lebih baik dari apa yang biasa dikerjakan yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja.

2. Karakteristik Kepemimpinan Transformasional
       a.       Adanya pemberian wawasan serta penyadaran akan misi, membangkitkan kebanggaan, serta menumbuhkan sikap hormat dan kepercayaan pada para bawahannya (Idealized Influence - Charisma)
      b.      Adanya proses menumbuhkan ekspektasi yang tinggi melalui pemanfaatan simbol-simbol untuk memfokuskan usaha dan mengkomunikasikan tujuan-tujuan penting dengan cara yang sederhana (Inspirational Motivation),
      c.       Adanya usaha meningkatkan intelegensia, rasionalitas, dan pemecahan masalah secara seksama (Intellectual Stimulation),
      d.      Pemimpin memberikan perhatian, membina, membimbing, dan melatih setiap orang secara khusus dan pribadi (Individualized Consideration).

3.      Karakteristik Pemimpin Transformasionalis
             a.       Kharismatik
             b.      Inspiratif dan motivatif
             c.   Percaya diri
      d.    Mampu berkomunikasi dengan baik
            e.       Visioner
            f.      Memiliki idealisme yang tinggi

Mahatma Gandhi sebagai contoh klasik kepemimpinan tranformasional. Gandhi menimbulkan harapan dan permintaan dari jutaan rakyatnya dan dalam proses itu digantikan oleh dirinya sendiri. Contoh terbaru kepemimpinan transformasional dapat diamati dalam kehidupan Ryan White. Ryan. White meningkatkan kesadaran orang-orang Amerika akan AIDS dan dalam prosesnya menjadi pembicara untuk meningkatkan dukungan pemerintah terhadap penelitian AIDS. Di dalam dunia organisasi, contoh kepemimpinan transformasional ialah seorang manajer yang mencoba untuk mengubah nilai-nilai bersama dalam perusahaan untuk merefleksikan standar kejujuran dan keadilan yang lebih manusiawi.
 Image result for mahatma gandhi




B.    Kepemimpinan Transaksional
Menurut Bycio dkk. (1995) serta Koh dkk. (1995), kepemimpinan transaksional adalah gaya kepemimpinan di mana seorang pemimpin menfokuskan perhatiannya pada transaksi interpersonal antara pemimpin dengan karyawan yang melibatkan hubungan pertukaran. Pertukaran tersebut didasarkan pada kesepakatan mengenai klasifikasi sasaran, standar kerja, penugasan kerja, dan penghargaan.
1.      Karakteristik Kepemimpinan Transaksional
       a.       Pengadaan Imbalan, pemimpin menggunakan serangkaian imbalan untuk memotivasi para anggota,Imbalannya berupa kebutuhan tingkat fisiologis (maslow).
      b.      Eksepsi/pengecualian, dimana pemimpin akan memberi tindakan koreksi atau pembatalan imbalan atau sanksi apabila anggota gagal mencapai sasaran prestasi yang ditetapkan.

2.      Karakteristik Pemimpin Transaksional
a.       Mengetahui keinginan bawahan
b.      Terampil Memberikan imbalan atau janji yang tepat
c.       Responsif terhadap kepentingan bawahan

Politisi yang memenangkan suara dengan tidak menjanjikan sama sekali pajak- pajak baru, maka Ia sedang menunjukkan kepemimpinan transaksional. Sama halnya dengan para manajer yang menawarkan promosi kepada para karyawan yang unggul dalam mencapai tujuannya juga menunjukkan contoh kepemimpinan transaksional. Para pemimpin organisasi menunjukkan kepemimpinan transaksional ketika mereka menawarkan suatu bonus pada anggota atau pengikutnya yang menyelesaikan tugas lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.
Image result for kepemimpinan transaksional 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar